Resep Legendaris Bumbu Opor Spesial Buatan Rumah

bumbu opor

 

Sebagai masakan rumahan berbahan dasar ayam, opor ayam tentu sangat melekat di telinga dan lidah kita. Mendengar masakan ini, rasanya pikiran kita akan terbawa untuk membayangkan betapa gurih kuah opor berwarna kuning nan kaya akan rempah. Hmm… yummy!

Seperti yang kita tahu, opor ayam menjadi menu spesial dan sering ditemui ketika hari-hari besar seperti lebaran. Masakan sederhana ini tidak hanya disukai oleh orang dewasa saja, namun seluruh kalangan baik tua maupun muda dipastikan menyukai masakan tradisional ini.

Daging ayam yang lembut serta bumbu opor yang kaya rempah-rempah menjadi santapan yang pas dan nikmat terutama kala ditemani ketupat atau nasi hangat. Namun, masih ada saja orang yang merasa bahwa membuat opor ayam itu sulit akibat bumbu yang digunakan terlalu banyak. Padahal, bumbu-bumbu pelengkap untuk membuat masakan ini pun mudah ditemui dan tergolong murah.

Dalam artikel ini, kami akan berbagi resep bumbu opor ayam spesial yang dapat dinikmati bersama keluarga, teman, maupun kerabat.

Untuk memasak opor ayam, Anda sangat direkomendasikan menggunakan ayam kampung demi mendapatkan rasa yang lebih gurih dan nikmat. Selain itu, masakan yang lekat dengan santan ini sebaiknya harus memakai santan kental yang asli atau alami. Meskipun sudah banyak produk-produk yang menjual santan instan dalam kemasan, akan tetapi rasanya tentu kalah dengan santan yang asli.

Tanpa berlama lagi, yuk kita simak cara-cara membuat opor ayam spesial berikut ini!

Bahan-bahan yang Diperlukan

  • 2 ekor ayam kampung/negeri, dipotong masing-masing menjadi 4 bagian per ekor.
  • 1-2 buah kelapa, parut kemudian peras dan pisahkan sebanyak 250 ml santan kental, serta 1,5 L santan cair.
  • 3 lembar daun salam
  • 5 lembar daun jeruk
  • 2 buah jeruk nipis untuk menghilangkan bau amis pada ayam
  • 2 batang serai, memarkan bagian putihnya.
  • 4 sdm minyak goreng
  • 2 sdt garam
  • 2 sdm gula merah (sesuai selera)
  • 5 siung bawang putih
  • 4 siung bawang merah
  • 6 butir kemiri (goreng)
  • 3 sdt ketumbar (sangrai)
  • 2 sdt lada butir (sesuai selera)
  • 1/2 sdt jintan (sangrai)
  • Kencur dan lengkuas secukupnya
Baca Juga :  Cara Memasak Ikan Tradisional, Pepes Ikan Kesukaan Obama

Selain ayam potong, santan, daun salam, batang serai, dan minyak goreng, haluskan bumbu-bumbu lainnya menjadi satu.

Cara Memasak Opor Ayam

  1. Panaskan minyak
  2. Tumis bumbu-bumbu yang telah dihaluskan, masukkan batang serai, daun jeruk, serta daun salam. Aduk hingga merata dan harum.
  3. Masukkan ayam yang telah dipotong. Diamkan hingga ayam terlihat berubah tekstur.
  4. Tambahkan santan cair. Masak hingga mendidih dengan api yang sedang hingga daging ayam menjadi empuk.
  5. Masukkan santan kental, aduk hingga mendidih, kecilkan api sampai santan tidak pecah dan berminyak.
  6. Tambahkan gula dan garam sesuai takaran atau selera.
  7. Opor ayam spesial siap untuk disantap.

Bumbu-bumbu yang diperlukan dalam membuat opor ayam  dapat kita temui baik di pasar maupun tukang sayur keliling. Bagi para pecinta pedas, opor ayam spesial tentu saja menjadi lebih nikmat dan lezat kala disantap dengan sambal terasi, sambal tomat, atau sambal lainnya untuk mendapatkan sensasi pedas di dalamnya. Untuk menambah cita rasa opor ayam, Anda dapat pula menambahkan bawang goreng di atasnya.

Bagaimana? Mudah, ‘kan? Sudah siapkah Anda untuk mempraktikkannya di rumah?

Para pecinta kuliner tradisional atau khas Indonesia, menu opor ayam ini menjadi salah satu masakan khas yang harus dilestarikan oleh rakyat Indonesia. Jangan sampai masakan khas Indonesia tergerus oleh zaman dan digantikan oleh masakan-masakan luar negeri. Sebaliknya, tentu akan sangat baik bila kita memopulerkan sajian ini ke khalayak internasional, menjadikannya masakan yang mampu membuat lidah bangsa lain bergoyang. Oleh karena itu, sudah menjadi tugas kita mempertahankan masakan tradisional yang sudah ada sejak leluhur bangsa Indonesia.

Setuju?