Kue Lebaran: Kue Semprit

Kue Semprit

Meskipun lebaran masih lama tetapi tidak ada salahnya membicarakankebiasaan apa saja yang ada pada moment tersebut. Kebersamaan keluarga saathari raya memang tidak bisa dihindarkan, banyak tamu berdatangan kerumah. Halini tentu saja mengharuskan Anda menyiapkan berbagai jenis makanan, janganhanya makanan berat saja tetapi berbagai camilan khas lebaran juga sangat perlusekali. Yang tidak boleh ketinggalan adalah berbagai macam kue kering, salah satunya kue Semprit yang mempunyai ciri khas pada bentuk serta teskturlembutnya.

Sebenarnya jika harus menyebutkan satu persatu ada banyak sekali nama lucu kue lebaran dengan berbagai bentuk. Tetapi jangan heran jika antara nama sama bentuk tidak sesuai, seperti ketika Anda menemukan jenis kue kering semprit. Berbeda dengan namanya, jenis kue tersebut mempunyai tampilan yang lebih menarik seperti bunga yang pada bagian tengah ada tambahan bahan berasa manis serta renyah. Hal itulah yang membuat setiap kali orang makan mulai jatuh cinta dan ketagihan untuk merasakan secara berulang.

Mungkin beberapa dari Anda bukan hanya penasaran sama wujud serta rasa dari sebutan camilan yang disebut dengan semprit tersebut tetapi juga penasaran seperti apa cara buatnya. Nah, pada artikel ini akan membahas resep membuat kue lebaran yang disebut dengan semprit. Berikut ini ada bahan-bahan yang perlu Anda siapkan terlebih dahulu, yaitu:

  • Tepung maizena.
  • Vanilli bubuk.
  • Gula halus.
  • Kuning telur 2 butir.
  • Putih telur 1 butir.
  • Mentega.
  • Kismis,
  • Tepung terigu.

Jika Anda sudah mengumpulkan semua bahan-bahan yang diperlukan, saatnya untuk melanjutkan berkreasi membuat kue khas lebaran tersebut. Bingung memulai dari mana? Nah, berikut ini langkah-langkah yang bisa Anda contoh yaitu:

  1. Tuangkan dalam sebuah wadah tepung maizena sekitar 40 gr dan tepung terigu secara bersamaan, aduk dan campur hingga semuanya merata.
  2. Ambil tempat yang lain untuk memasukkan putih telur dan ambil kismis untuk direndam didalamnya,
  3. Pada wadah yang lain lagi, Anda bisa masukkan margarin 200 gr, 150 gr gula bubuk, vanili dan 2 telur yang telah Anda pisahkan dari bagian yang putih.
  4. Sambil mengaduk adonan, Anda bisa masukkan sedikit demi sedikit tepung terigu dan juga tepung maizena. Setelah itu tuang dan terus lakukan pengadukan hingga halus tanpa ada gumpalan yang tersisa dalam adonan tersebut.
  5. Selanjutnya Anda bisa siapkan loyang yang akan digunakan, jangan lupa untuk mengoleskan sedikit margarin.
  6. Siapkan plastik yang akan digunakan untuk menjadikan kue tersebut berbentuk sesuai dengan contoh, keluarkan secara perlahan sampai dengan adonan berbentuk mawar.
  7. Setelah semua loyang terisi, Anda bisa taruh kismis pada bagian atas kue tersebut masing-masing dan masukkan kedalam oven dengan suhu yang telah diatur.
  8. Kurang lebih 21 menit dalam oven, pastikan kue matang dan angkat lalu siapkan pada wadah. Jangan lupa untuk mendinginkan terlebih dahulu sebentar sehingga saat dimasukkan dalam wadah tidak terlalu panas.
Baca Juga :  Resep Lumpia Basah Praktis Sederhana

Itulah sedikit contekan untuk membuat kue yang selalu diminatibanyak masyarakat saat lebaran datang. Jadi ketika Anda menginginkan sajiantersebut tidak perlu menunggu penjual saat hari raya karena bisa langsung membuatsendiri.