Pasti Ketagihan, Inilah Olahan Ayam untuk Anak

olahan ayam untuk anak

Anak-anak identic dengan dunia bermain. Saking senangnya bermain, kadang-kadang anak sampai lupa makan. Apalagi kalau olahan ayam untuk anak, resepnya itu-itu saja. Pasti muncul rasa jenuh pada anak untuk masak. Saat ibu tidak lagi memiliki ide untuk memasak untuk anak, tetapi memiliki persediaan ayam yang berlebih sehingga harus segara dimasak meskipun sudah cukup bosan dengan masakan ayam.

Maka dari itu, untuk menghindari kebosanan tersebut perlu variasi dalam memasak ayam. Selain agar selera makan tetap terjaga, mengolah daging ayam menjadi variatif lain cemilan di luar rumah akan menjaga kesehatan. Masa sih kita mau anak jajan yang gak sehat teru si luar sana?

Anak biasanya suka makanan yang digoreng. Ayam goreng merupakan kesukaan anak-anak. Kalau si Kecil sedang rewel makan, olahan ayam ini bisa jadi pilihan sajian lain yang tentu rasanya gurih enak seperti kesukaan anak. Yuk kita simak artikel berikut :

  1. Cheesy Chicken Balls 

Daging ayam tanpa tulang jadibahan utama sajian ini. Tentuagar tetap ada gizi dari sayuran, bola ayam ini dipadukandengan sayuran dan diisi keju. Bentuknya yang bulat seperti bakso ayam ini membuat anaktertarik untuk memakannya. Bola ayam yang renyah denganlelehan keju di bagian dalam dan rasanya yang gurih membuat siapapun menyukainya. Pilih  keju mozzarella supaya lelehan kejunya makinmembuat anak senang melihatnya. Oiya, daging nya pakai dadaayam yang tidak berlemak supaya lebih empuk dan mudah dikunyah ya, moms. Sebaiknyagoreng bola ayam sesaat setelahdi taruh di suhu ruangan agar rasanya renyah. Simpan sisabola-bola ayam dalam lemari es jika akan ingin menyantapnya nanti.

  • Sate Taichan

Nah, barangkali si Kecil suka makan sate tapi gak suka kacang? Sate taichan bisa jadi alternative makanan di rumah lho. Sate taichan jadi populer setelah banyak artis yang menjadi pemilik kedai sate taichan. Sate taichan bisa dibuat sendiri tanpa harus antre di warung sate taichan untuk membeli satu porsi sate. Apalagi tingkat kepedasan sambelnya bisa dibuat sendiri sesuai selera. Cara buatnya, cuci dahulu daging kemudian  potong dadu, daging ayam tadi ditusuk pada lidi. Oleskan perasan jeruk nipis, lada, dan garam pada ayam yang telah ditusuk lalu diamkan.dengan api kecil, panggang ayam dan jangan lupa untuk dibolak balik agar matang merata. Sedangkan untuk bumbunya cukup cabe merah besar, tomat, bawang merah, putih, gula, garam yang harus direbus dulu sebelum di ulek menjadi sambal. Mudah kan?

  • Pepes Ayam aneka jamur
Baca Juga :  Cara Membuat Urap Sayuran, Menu Sehat dengan Resep Sederhana

Pepes adalah cara pengolahan makanan dengan dikukus menggunakan daun. Resep satu ini membutuhkan aneka jamur. Jaur dinilai mengandung gizi yang baik untuk pertumbuhan si Kecil. Namun meskipun bahan yang digunakan banyak, untuk cara memasak mah tetep yang simple. Pertama,potongan ayam, jamur tiram, merang, air jeruk lemon, bawang merah, putih, cabai merah mesar, batang serai yang sudah di memarkan terlebih dahulu, daun jeruk, salam, garam, merica bubuk, sedikit santan, dan kemangi. Semua bahan dicampur lalu dihaluskan ambil daun pisang sebagai wadah untuk menyimpan segala isi pepes, dengan memasukkan bahan pepes tadi, daun pisang dilipat hingga terbungkus pepes. Setelah itu, pepes dikukus selama kurang lebih 30 menit dalam api sedang.

Itulah beberapa olahan ayam untuk anak  yang bisa Anda praktekkan. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa bacadi sini: