Macam-Macam Makanan dan Resep Masakan Daging

resep masakan daging

Pernahkah Anda memasak soto? Apakah Anda tahu cara membuat soto daging yang benar? Jenis soto apa yang Anda masak ? Bagaimana rasanya ?  Berbicara mengenai soto apalagi soto daging, tentu makanan yang satu ini sudah tak asing lagi ditelinga Anda. Soto merupakan makanan asli khas indonesia yang sudah ada sejak dulu dan dikenal di seluruh penjuru nusantara. Makanan ini umumnya hanya berbentuk kuah yang didalamnya dicampur dengan berbagai bumbu rempah-rempah. Soto akan lebih nikmat jika disajikan dengan nasi dalam keadaaan panas dengan tambahan daging ayam atau daging sapi.

Meskipun faktanya kali ini kita akan membahas mengenai cara membuat soto daging, namun tidak ada salahnya jika kita mengetahui lebih dalam mengenai beberapa hal tentang soto, meliputi salah satunya adalah jenis-jenis soto. Saking luasnya wilayah Indonesia membuat jenis soto yang ada di nusantara pun sangat beragam. berikut beberapa resep masakan daging soto di Indonesia yang bisa Anda coba nikmati: 

  • Soto Kudus

Sesuai namanya, soto kudus merupakan salah satu jenis soto yang berasal dari daerah Kudus. Isi soto sebenarnya tidak jauh berbeda dengan soto lain pada umumnya, yakni kuahsoto, dengan tambahan tauge, kubis, dan daging ayam atau kerbau. Namun yang membuat soto kudus menjadi menarik adalah cara penyajiannya yang menggunakan mangkok kecil. Soto kudus menggunakan dua jenis daging. Yakni daging ayam dan daging kerbau. Jika Anda tertarik menikmati soto kudus, keduanya memiliki rasa manis gurih yang hampir sama.

  • Soto Lamongan

Selanjutnya ada soto Lamongan. Soto Lamongan merupakan satu-satunya soto yang menggunakan bumbu koya, yaitu bubuk gurih yang terbuat dari udang dan bawang yang dicampur pada saat penyajiannya. Selain penggunaan koya, Soto Lamongan juga memiliki keunikan pada  penggunaan daging ayam kampung. Pemilihan ayam kampung dipilih karena ayam kampung dapat menciptakan kaldu soto menjadi lebih gurih dan tidak berbau. Selain itu, soto Lamongan juga sangat ringan karena kuahnya tidak mengandung santan ataupun susu. Saat ini Soto Lamongan sudah tersebar di berbagai tempat. Bahkan tak perlu pergi jauh ke Lamongan, Andapun mungkin bisa membuatnya sendiri dirumah.

  • Soto Madura
Baca Juga :  Olahan Bihun: Cara Membuat Bihun Goreng

Soto dari Madura yang satu ini hampir tidak ada perbedaan dengan soto-soto lain pada umumnya. Jenis soto yang satu ini berbahan dasar daging sapi, telur rebus, kentang goreng serta tauge. Namun yang membuat berbeda, soto Madura dilengkapi dengan babat, usus dan paru sapi yang akan membuat rasa soto Madura menjadi lebih gurih dan berbeda dari soto-soto lainnya.

  • Soto Surabaya

Tak jauh dari Madura, jika Anda berkunjung ke Surabaya Anda juga wajib mencicipi soto Surabaya, atau sering disebut atau sering disebut Soto Ambengan Surabaya. Banyak orang yang membuktikan jika soto ambengan memiliki cita rasa yang berbeda dari soto lainnya. Kuah soto ambengan dibuat dengan tambahan bumbu rempah kunyit dan koya. Dua bumbu inilah yang dipercaya membuat kuah soto ambengan menjadi lebih pekat dibanding kuah soto lainnya.

  • Soto Medan

Sekarang mari kita beralih ke jenis soto dari wilayah barat Indonesia. Apalagi kalau buka soto medan. Jika dibandingkan dengan beberapa jenis soto sebelumnya, soto medan jelas memiliki cita rasa yang berbeda. Kuah soto medan umumnya menggunakan santan, dengan warna sedikit kuning. Cara penyajiannya pun sedikit berbeda, yakni ada suwiran ayam goreng, dengan tambahan kentang goreng dan telur rebus yang diiris tipis, lengkap dengan emping, tomat, dan bawang merah. Namun, beberapa ada yang menambahkan dengan tauge dan bihun. Perbedaan antara soto medan dengan soto yang lainnya adalah kuahnya yang memakai santan dan berwarna agak kekuning-kuningan, dengan tambahan daun serai, dan rempah-rempah.