Aneka Kue Basah: Resep Pie Susu

resep pie susu

Berbicara mengenai cemilan yang sedang tren sekarang ini tentutidak bisa lepas dari adanya pie susu dengan ciri khas pada rasa maupunteksturnya. Umumnya memang orang lebih mengenal pie Bali atau egg tart. Sering sekalidisajikan dalam beberapa acara keluarga seperti ketika lebaran, arisan,hajatan, snack kantor ataupun yang lainnya. Seperti halnya jenis kue kering lainnya, resep pie susu juga sering dijadikan salah satu rencana masak para ibu rumahtangga. Secara teori memang mudah, tetapi ketika keluar dari resep semuanyaterasa lebih sulit untuk membuat sendiri.

Berbeda dengan aneka kue basah yang mudah sekali basi, tidak untuk jenis pie susu yang memang kering dan renyah tetapi ada tesktur lembut. Hal itulah yang membuat cemilan lezat tersebut lebih dapat bertahan lama dari pada jenis kue basah yang lainnya. Dengan bahan yang cukup mudah serta proses memasak yang tidak banyak memakan waktu, tidak sedikit masyarakat melirik jenis camilan satu ini sebagai ladang usaha. Bahan pembuatan yang sangat relative murah dan mudah tetapi bisa memberikan keuntungan yang besar membuat jenis kue satu ini cocok untuk Anda jadikan sebagai andalan usaha.

Sebenarnya apapun jenis kue yang akan Anda olah yang menjadi kunci keberhasilan adalah takaran dan juga prosesnya. Hal ini mungkin tidak disadari oleh banyak orang, ketika ada sedikit saja takaran keluar dari resep terkadang tidak menghasilkan jenis makanan baru tetapi justru membuat kegagalan. Nah, bagi Anda yang tidak begitu menyukai aneka kue basah tetapi lebih memilih kue kering seperti pie susu bisa membuat sendiri. Berikut ini ada beberapa bahan yang perlu Anda persiapkan terlebih dahulu, antara lain:

  1. Kulit pie.

Memang untuk membuat pie susu itu perlu terlebih dahulu melakukan dua proses yang berbeda, pertama Anda perlu membuat kulit pie terlebih dahulu. Bahan yang digunakan dalam pembuatan jenis ini ada beberapa seperti tepung terigu yang rendah protein, margarin, kuning telur, tepung maizena, susu bubuk dan susu vanilla.

  1. Isian pie.
Baca Juga :  Cara Membuat Urap Sayuran, Menu Sehat dengan Resep Sederhana

Kedua Anda perlu menyiapkan bahan yang berbeda seperti susu kental manis, kuning telur, tepung maizena, susu vanilla, pewarna makanan dan tentunya ada beberapa jenis warna.

Setelah semuanya sudah siap , saatnya untuk melakukan proses pembuatan kue seperti berikut ini:

  1. Ayak tepung terigu dan maizena lalu campurkan bahan tersebut dengan susu bubuk, vanilla dan potongan margarine hingga rata.
  2. Setelah itu masukkan kuning telur dan uleni sampai dengan adonan tidak terasa lengket lagi, tutup dan diamkan dalam kulkas kurang lebih 30 menit.
  3. Olesi cetakan dan timbang adonan sesuai dengan apa yang Anda inginkan, setelah itu beri isian yang telah dibuat.
  4. Untuk isian Anda bisa mencampur semua bahan hingga rata, setelah dimasukkan oven lalu tuang isian dengan perlahan. Panggang sampai dengan semua bagian dari mulai bagian bawah sampai atas matang rata.

Terkadang bagi beberapa orang memang teori itu lebih merepotkandari pada langsung praktek dilapangan. Tetapi tanpa menggunakan panduan yangtepat Anda tidak akan pernah berhasil membuat kue hits tersebut.